• 2
  • 1

Selamat Datang di Website SMP NEGERI 1 SUMBANG | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Kontak Kami


SMP NEGERI 1 SUMBANG

NPSN : 20301998

Jl.Raya Sumbang Kec.Sumbang Kab.Banyumas


smpsumbang@yahoo.co.id

TLP : (0281) 6445597


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 20685
Pengunjung : 6267
Hari ini : 20
Hits hari ini : 50
Member Online : 1
IP : 18.206.238.176
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

KEMERDEKAAN BERLITERASI




Kemerdekaan Berliterasi

Oleh: Nova Dede Nasruloh, S.Pd. dalam buku Potret Literasi Indonesia 

(Antologi Esai Guru Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Banyumas)

 

            Era milenial seperti sekarang mengajarkan kita mengerti dan memahami betapa pentingnya pemahaman terhadap berbagai hal. Tidak hanya dituntut supaya mengerti dan memahami dalam hal perekonomian dan industri namun, kita juga ditintut untuk mengerti dan memahami pentingnya membaca yang sering kita sebut dengan pemahaman literasi. Sudah kita ketahui bahwa literasi pada era sekarang sedang memiliki perhatian tersendiri.

            Mengapa literasi itu penting? Pemahaman seseorang sampai dengan orang tersebut dikatakan nalar bahkan mampu mengaplikasikan kenalarannya, semua itu pasti berawal dari proses literasi. Bukankah ada pepatah yang mengatakan “Membaca atau buku adalah jendela dunia” maka sudah barang tentu bahwa proses literasi merupakan sesuatu yang begitu penting adanya. Pertanyaannya adalah apakah kegiatan berliterasi sudah berjalan dengan baik di negeri yang gemah ripah loh jinawi ini?

            Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang sangat banyak. Perkembangan industri di era sekarang tentunya sangatlah menggebu-nggebu, hampir disemua sektor baik dari sektor pertanian, perdagangan, pendidikan, dan lain sebagainya mengalami perkembangan yang begitu menggebu-nggebu. Sekarang ini bahkan di Indonesia sudah ada yang namanya BEKRAF Badan Ekonomi Kreatif yang dibentuk oleh pemerintah dalam rangka menyambut perkembangan industri di Indonesia yang begitu pesat.

            Kembali lagi kepada pentingnya literasi. Menurut saya literasi merupakan bekal yang sangat berharga demi terciptanya perkembangan industri yang menggebu-nggebu agar tercapai suatu target yang telah diimpi-impikan oleh semua penghuni negara Indonesia. Bagaimana cara literasi membawa revulusi industri Indonesia mencapai target? Mungkin ada segelintir orang walaupun tidak banyak yang mempertanyakan hal seperti itu. Jawabannya adalah orang sukses siapa yang tidak melakukan proses literasi? Nah, dari pemahaman membaca pemikiran orang akan terbuka dan mengaplikasikannya di dunia nyata.

            Pemahaman membaca atau proses literasi sebenarnya sangat bergantung pada pembelajaran Bahsa dan Sastra Indonesia. Melalui pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia semuanya berawal. Melalui pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, pemahaman-pemahaman kepada materi yang lain akan menjadi lebih mudah maka dari itu, literasi Bahasa dan Sastra Indonesia menjadi begitu penting untuk mengawali dan menjadi poros utama terhadap pemahaman dari berbagai bidang.

            Bahasa dan Sastra Indonesia selama ini masih menjadi hal yang terkadang begitu disepelekan padahal melalui Bahasa dan Sastra Indonesia semua berawal. Melalui literasi Bahasa dan Sastra Indonesia kita dapat mempelajari banyak hal seperti contoh dasar saja tentang pemahaman kalimat melalui tanda baca yang baik dan benar. Ketika orang sudah memahami hal tersebut melalui proses literasi Bahasa dan Sastra Indonesia maka pemahaman literasi terhadap tema apapun pasti akan lebih mudah.

            Literasi merupakan suatu hal yang begitu penting bagi perkembangan Indonesia di masa yang akan datang, apalagi literasi Bahasa dan Sastra Indonesia di era kemajuan revolusi industri seperti sekarang ini. Literasi menjadi penopang utama akan keberhasilan target yang sudah dicanangkan namun, bagaimana target tersebut akan tercapai jika penghuni negara ini enggan untuk melaksanakan atau melakukan proses literasi. Di Indonesia memang bukan hal yang tabu lagi bahwa terdapat tidak sedikit orang yang masih enggan melakukan proses literasi padahal dirinya ingin mencapai kesuksesan di era revolusi industri seperti sekarang ini.

            Pemerintah Indonesia saat ini sedang mencanangkan betapa pentingnya literasi yang sangat berpengaruh kepada kemajuan setiap individu manusia untuk kemudian mampu juga berpengaruh terhadap kemajuan bangsa Indonesia. Tentunya hal tersebut bukanlah pencanangan program yang biasa-biasa saja, melalui program ini pasti ada harapan yang sangat ingin dicapai. Pastinya akan menjadi berdosa ketika kita sebagai generasi penerus bangsa yang sudah mengetahui mengenai pentingnya proses literasi tetapi tidak melaksanakan program tersebut.

            Sebelum mengarah kepada literasi Bahasa dan Sastra Indonesia di era revolusi industri tentu, ada hal lain yang harus sama-sama kita benahi yaitu mengenai kemauan dari setiap individu untuk melakukan proses literasi. Untuk mendorong kemauan setiap individu melaksanakan proses literasi tentunya tidak boleh terlalu memaksakan kepada setiap orang supaya melakukan proses literasi, memaksakan di sini maksudnya adalah jangan menyuruh orang supaya langsung membaca ini dan itu namun, beri kebebasan terlebihdahulu untuk membaca sesuai dengan apa yang dia mau.

            Literasi Bahasa dan Sastra Indonesia memang menjadi penopang dari semua proses literasi tetapi, jika orang tersebut masih terpengaruh atau berpresepsi bahwa Bahasa dan Sastra Indonesia belum terlalu penting itu hanya akan membuat orang tersebut merasa terbebani dan menjadi cepat bosan hingga pada akhirnya proses literasi akan ia tinggalkan. Jika sudah ditinggalkan bagaimana target yang sudah dicanangkan akan tercapai. Pentingnya literasi tentu perlu dijalankan secara rutin dan jangan sampai terhenti karena jika sampai terhenti akan sangat berpengaruh kepada semangat untuk melakukan proses literasi.

            Melakukan proses literasi yang dikaitkan dengan minat dan bakat akan mendorong kemauan yang cukup besar bagi setiap individu untuk melakukan proses literasi sehingga bukan tidak mungkin akan tercapai target yang diimpi-impikan di era revolusi industri seperti sekarang ini. Langkah pengaitan literasi dengan minat dan bakat itu dilaksanakan sebagai pancingan awal agar orang tersebut lebih tertarik untuk melakukan proses literasi. Ketika sudah terbiasa tentunya pada saat nanti diarahkan supaya membaca dengan tema tertentu atau tema apapun akan tertarik dan mau karena sudah terbawa oleh kebiasaan dalam hidupnya melakukan proses literasi.

            Pancingan yang saya maksud tersebut yaitu dengan mengaitkan kegiatan literasi dengan minat dan bakat sangat cocok diterapkan dari usia remaja bahkan anak-anak sampai orang dewasa yang memang pada kenyataannya masih enggan untuk melakukan proses literasi. Ketika mengaitkan proses literasi dengan minat dan bakat tentu jangan lupa memberi sisipan tema literasi yang lain bahkan jangan sampai ketinggalan literasi Bahasa dan Sastra Indonesia karena itulah yang menjadi dasar pemahaman dalam proses literasi.

            Dari berbagai bentuk perkembangan era revolusi industri sekarang ini tentu porosnya adalah literasi. Jika dalam masyarakat Indonesia sudah tertanam pada setiap individu bahwa literasi itu sangat berharga dan berjasa untuk menopang perkembangan revolusi industri yang sesuai target, bukan tidak mungkin pada nanti ketika bonus demografi mencapai titiknya Indonesia akan menjadi negara yang sangat makmur di seluruh belahan dunia. Hal tersebut dikarenakan semua proses apapun yang terkait dengan revolusi industri pasti membutuhkan literasi yang baik kemudian literasi Bahasa dan Sastra Indonesia menjadi akar yang begitu kuat.   




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas